Rabu, 08 April 2015


CARA MENGHUBUNGKAN ANDROID DAN PC/ LAPTOP TANPA KABEL DATA MELAINKAN MENGGUNAKAN JARINGAN WIFI


agan agan pasti pernah mengalami hal serupa seperti saya, ketika sedang dalam kondisi urgent untuk memindah atau menyalin data dari gadget android ke pc/laptop atau sebaliknya,,,pas cari kabel data ..ehh...lupa kagak dibawa..DANG!!!

disini saya ada solusi untuk agan - agan yang sedang bermasalah dengan hal tersebut...

CARA TRANSFER FILE DARI ANDROID KE PC DAN SEBALIKNYA VIA WIFI MENGGUNAKAN APLIKASI AIRDROID

Setelah saya melakukan pencarian di Android Market (Google Play), saya menemukan aplikasi alternatif yang penggunaannya relatif lebih mudah. Aplikasi tersebut bernama “AirDroid”.
Cara penggunaan AirDroid hampir sama dengan Kies Air, lebih detailnya sebagai berikut:

  • Tahap 1: Install Aplikasi AirDroid melalui Google Play
  • Tahap 2: Nyalakan fitur Wi-Fi Tether handphone Android Anda. Caranya masuk ke Settings (Pengaturan) >Wireless anda Network (Nirkabel & Jaringan) > klik Tethering and Portable Hotspot > (pengikatan & hotspot portable) > Centang tulisan Portable Wi-Fi Hot Spot (hot spot wi fi portable) atau bisa juga tulisannya Mobile AP.
  • Tahap 3: Hubungkan komputer dengan Tablet / handphone Android (lihat Gambar 2. Diatas)
  • Tahap 4: Buka aplikasi AirDroid > Klik Settings (Menu Settings akan muncul setelah Anda menggeser bagian bawah aplikasi ini) > untuk keamanan, klik “Predefined Password” (atur agar On) > klik Edit > Masukkan Password yang diinginkan > klik OK > tekan tombol Back
  • Tahap 5: Di halaman awal aplikasi AirDroid > tekan tombol MENU > klik “Tethering & Hotspot Mode” > Tampilannya akan berubah seperti gambar dibawah:
    cara transfer musik dari komputer ke android via wifi
    Gambar 3. Aplikasi AirDroid
  • Tahap 6: Buka aplikasi Browser di Komputer lalu masukkan alamat website / ip address yang tertampil di layar aplikasi AirDroid. Dalam contoh diatas, tulis:  http://192.168.43.1:8888 > Anda kini dapat melihat isi file di hp Android, transfer data, dll tanpa menggunakan kabel data.
Selain aplikasi AirDroid dan Kies Air, ada alternatif aplikasi lain yang sejenis, namanya “Remote Web Desktop” oleh Smartdog Studio right. Semua aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, silahkan Anda pilih yang menurut Anda paling nyaman digunakan.
Demikianlah informasi cara Menghubungkan HP Android ke Komputer Via Wi-Fi . Semoga bermanfaat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar